Selasa, 20 Maret 2012

Teh Cegah Perempuan Kena Osteoporosis

(doktersehat.com )Mereka yang terbiasa minum teh sejak muda, resiko terkena osteoporosis jauh berkurang. Hal ini terungkap dalam laporan hasil penelitian Verena M Hegarty (2000) dan para peneliti dari clinical Gerontology Unit, University of Cambridge School Of Medicine serta Rumah Sakit Addenbrooke di Cambridge, Inggris, yang di muat dalam American Journal Of Clinical Nutrition (2000).

Penelitian di lakukan pada 1.256 perempuan berusia 65 - 75 th, terdiri atas peminum teh 1.134 orang dan bukan peminum teh 122 orang. Mereka diukur BMD (bone mineral density, kepekaan mineral tulang( pada beberapa tulangnya. Hasilnya, ukuran BMD tulang - tulang peminum teh secara signifikan lebih besar dari pada kelompok bukan peminum teh. Ukuran BMD yang besar menunjukkan kekerasan tulang sehingga tidak mudah rapuh.Temuan tersebut menambah satu lagi manfaat kesehatan minum teh sekaligus paradoks teh, karena selama ini ada anggapan bahwa tanin menghambat penyerapan dan kafein meningkatkan kehilangan kalsium tubuh, mineral utama yang diperlukan untuk pembentukan dan menjaga kesehatan tulang. Ternyata efek negatif tersebut tidak berlaku pada tanin dan kafein teh.

Efek perlindungan terhadap osteoporosis diduga berasal dari zat gizi dan non gizi seperti vitamin K, mineral flour (F),magnesium (Mg), flavonoid, dan lain - lain yang terkandung dalam teh. Zat - zat tersebut diperlukan dalam proses pembentukan tulang.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...