Sabtu, 03 Maret 2012

Tips Mudah Mencerdaskan Anak


Bagi para orang tua sudah pasti mengimpikan anak-anak mereka bisa tumbuh cerdas dan juga sehat. Tentunya hal ini tidak akan terjadi tanpa perhatian dari orang tua si anak. Untuk mendukung perkembangan anak yang optimal, kita bisa memberikan makanan yang bergizi serta memberi stimulus yang dibutuhkan oleh anak. Ulasannya sebagai berikut :

1. Stimulus Pra Lahir
Selain makanan yang bernutrisi, orangtua pun harus aktif memberi stimulus lainnya pada anak. Misalnya mengajak si calon bayi ngobrol, memperdengarkan musik guna perkembangan calon bayi secara psikis, hal ini juga yakini dapat meningkatkan pembentukan sel-sel otak janin.

2. Pemberian ASI Secara Ekslusif
ketika bayi telah lahir, si Ibu harus memberikan ASI secara eksklusif selama usia bayi 0 – 6 bulan. ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi usia ini karena ASI mengandung DHA dan kolesterol yang paling penting untuk pembentukan sel otak.

3. Beri Anak Nutrisi Seimbang
Memberian gizi yang cukup seperti mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, mineral dan nutrisi sejak awal kehamilan hingga usia anak 5 tahun sangat menunjang perkembangan dan kecerdasan anak.

4. Beri Anak Rangsangan/Stimuli
Tumbuh kembang otak pada bayi hingga usia dua tahun, akan berkembang jika selalu diberikan stimuli atau rangsangan. Misalnya dengan memberikan permainan yang merangsang otaknya. Berbagai macam jenis permainan yang diberikan dapat memperkuat daya ingat si anak untuk bisa mengenal lebih banyak lagi benda dan bentuk benda yang ada di sekelilingnya.

5. Biarkan Anak Berkreasi
Biarkan anak bermain sesuai dengan keinginan dan daya imajinasinya karena hal ini mampu menumbuhkan daya kreasi pada diri mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...